7/07/2020

KERANCUAN TENTANG TANGGA TELESKOPIK LIPAT

LEBIH JELAS TENTANG TANGGA TELESKOPIK LIPAT

 
Tangga Teleskopik
ANEKA TANGGA TELESKOPIK
Kerancuan identifikasi sering terjadi tatkala calon pembeli bermaksud membeli tangga teleskopik; mengingat tangga jenis ini sebenarnya terdiri dari tiga tipe, yaitu: lurus, segitiga, dan multifungsi. Ketiganya secara umum punya persamaan; tetapi secara spesifik ada perbedaan satu sama lain. Perlu dipahami bahwa semua tipe tangga teleskopik tergolong tangga lipat, hanya saja cara lipatnya yang berbeda dengan tangga lipat biasa (konvensional). Tangga lipat modern ini memiliki sistim lipat yang jauh lebih ringkas, yaitu mirip dengan cara lipat antena radio atau batang payung. Sehingga tangga menjadi benar-benar portable, dapat dibawa dengan sebelah tangan dan juga dapat disimpan dalam ruang sempit. Keunggulan lain yang tak kalah penting adalah bahwa ketinggian tangga teleskopik sangat fleksibel, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.

 FREE ONGKIR:
<<< JAWA: JABODETABEK, SERANG, BANDUNG, SEMARANG, YOGYAKARTA, SURABAYA, DAN BEBERAPA KOTA KABUPATEN SUMATERA (IBUKOTA): BANDA ACEH, MEDAN, PADANG, PEKANBARU, JAMBI, PALEMBANG, BENGKULU, BANDAR LAMPUNG >>>

tangga-teleskopik-lipat
TANGGA TELESKOPIK LIPAT: MULTIFUNGSI
Tangga teleskopik lurus (single straight ladder) sesuai dengan sebutannya tentu berbentuk lurus, menggantikan fungsi tangga lurus tradisional yang biasanya terbuat dari kayu atau bambu. Nah, yang sering membingungkan adalah tangga teleskopik segitiga (double telescopic ladder) dan tangga teleskopik multifungsi (multi-purpose telescopic ladder). Kedua tipe yang disebut belakangan ini sering diidentifikasi sebagai tangga teleskopik lipat.  Disebut demikian karena memang dapat dilipat dua secara horizontal, mirip dengan tangga lipat aluminium konvensional; dan memang ditujukan untuk menggatikan fungsi tangga lama tsb. Kedua tipe tangga teleskopik ini memiliki dua kaki dan empat tiang penyangga sehingga dapat tegak seimbang tanpa perlu sandaran. Lebih dari itu, tangga dapat tegak seimbang pada permukaan miring yang ekstrim sekalipun; karena kedua kakinya tidak harus ditarik sama panjang- melainkan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan. Semua itu dimungkinkan karena tangga juga memiliki sistim lipat secara vertikal secara super fleksibel.

Tangga-Teleskopik-Double
TANGGA TELESKOPIK DOUBLE
Tangga teleskopik lipat sebagaimana telah disebutkan di atas terdiri dari dua tipe yang berbeda, yaitu tipe segitiga dan tipe multifungsi. Tipe segitiga artinya bahwa tangga dapat dibentuk menjadi segitiga atau menyerupai huruf  "A"- sering disebut sebagai tangga teleskopik double (double telescopic ladder). Sedangkan tipe multifungsi artinya adalah bahwa tangga disamping dapat dibentuk menjadi tangga segitiga, juga dapat dibentang menjadi tangga lurus (opsional). Dengan demikian ketika anda bermaksud membeli tangga teleskopik lipat, hendaknya menyebutkan secara lebih spesifik apakah tipe segitiga atau multifungsi agar tidak terjadi kesalah-pahaman.

Tipe segitiga memiliki keunggulan dimana dengan ukuran yang lebih tinggi tetapi harganya lebih murah daripada tipe  multifungsi. Sedangkan tipe multifungsi memiliki kelebihan yaitu disamping bisa dibentang lurus, tangga juga lebih kokoh daripada tipe segitiga karena batang pipa yang digunakan lebih besar. Meskipun demikian, perlu dicatat bahwa bentuk lurus (opisonal) dari tipe multifungsi tidak senyaman dan sekokoh tangga teleskopik tipe lurus itu sendiri. Karena itu tidak direkomendasikan untuk menggunakan tipe multifungsi untuk bentuk lurus dengan ketinggian di atas 5 meter; karena bukan saja kurang nyaman pada joint, tetapi juga berbahaya dimana beban berat pada bagian atas tangga akan sulit ditahan dari bawah sehingga rawan ngemplang.

Tangga Teleskopik Multipurpose
TANGGA TELESKOPIK MULTIPURPOSE
Tangga teleskopik lipat dari tipe multifungsi, juga dikenal sebagai tangga teleskopik multipurpose, tersedia dalam ukuran sbb: (silahkan klik untuk link ke Tokopedia)
Untuk ukuran yang terakhir, 2.5+2.5m(5m) artinya adalah bahwa tangga dapat dibentuk menjadi tangga segitiga dengan tinggi maksimum 2,5 meter dan juga dapat dibentang lurus dengan tinggi maksimum 5 meter. Sebagai tangga teleskopik, anda tentu dapat menegakkannya di bawah tinggi maksimum tsb. baik secara segitiga maupun lurus.

Sedangkan untuk tangga teleskopik lipat dari tipe segitiga tersedia dalam pilihan tinggi maksimum sbb:
  • Tangga teleskopik lipat 2.6m
  • Tangga teleskopik lipat 3.2m
Sekali lagi perlu diingat bahwa tipe segitiga ini hanya bisa dibentuk menjadi tangga segitiga, menyerupai huruf "A" dan tidak bisa dibentang menjadi tangga lurus. Lebih lengkap, silahkan klik link VIDEO ini.

Mengenai kualitas, tangga teleskopik lipat merek EURONE dibuat dan diimpor dari pabrik-pabrik yang sudah mengantongi berbagai sertifikasi mutu dari badan sertifikasi mutu dunia. Salah satu standar mutu yang dijadikan acuan adalah EN-131, European Union Safety Standard, untuk daya beban hingga 150 kg. Disamping itu merek EURONE sangat peduli dengan kekuatan dan kenyamanan dengan menambahkan overlapping tube lebih panjang dari yang standar untuk tangga dengan ketinggian di atas 5 meter; juga sebagian besar tangga tidak menggunakan pipa terkecil yang sering digunakan merek lain untuk dapat menekan harga jual tetapi mengorbankan kualitas.

Lebih lengkap mengenai tipe-tipe tangga teleskopik lipat dengan berbagai ukuran tinggi maksimum yang tersedia, silahkan klik link gambar di bawah ini:

     

Ingin kontak langsung dengan kami, silahkan hubungi:

   


MENU PENTING:

     

JUGA BISA BERBELANJA MELALUI GERAI KAMI DI TOKOPEDIA ATAU SHOPEE